SAP TERAPI
BERMAIN
Pokok Pembahasan : Terapi bermain “mewarnai gambar”
Sup Pokok : Terapi bermain “mewarnai gambar” pada usia 5-10 tahun
Tujuan : Meminimalkan dampak hospitalisasi pada anak.
Tanggal dan jam : Kamis, 16/November/2017
Jam/Durasi :
Pkl. 09.00 sd selesai
Tempat bermain :
ruangan Sp2kp Anak
Sasaran : Anak usia 5-10 tahun di ruangan SP2KP
Anak
Sasaran dan media
Sasaran:
1) ruangan
perawatan Media
a.
Pensil warna
b.
tikar
d.
Kertas bergambar
Pengorganisasian
Jumlah leader 1 orang, co leader 1 orang , fasilitator 1
orang, dan observer 2 orang dengan susunan sebagai berikut:
Leader : Djainal Sulaeman
Co leader : Nursezya W daud
Fasilitator : Maryam Moha
Observer : Lena Moha
Fitrahandayani Pani
Strategi bermain
No.
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Peserta
|
1.
|
10 menit
|
Pra kegiatan :
1.
Memfasilitasi media terapi
bermain
2.
Mempersiapkan anggota terapi
bermain
3.
Mempersiapkan peserta
|
|
2.
|
5 menit
|
Pembukaan :
1.
Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam.
2.
Memperkenalkan diri
3.
Menjelaskan tujuan dari
terapi bermain
4.
Kontrak waktu anak dan orang
tua
|
Menjawab salam
Mendengarkan Memperhatikan
Memperhatikan
|
3.
|
15 menit
|
Kegiatan bermain :
1.
Menjelaskan tata cara pelaksanaan
terapi bermain mewarnai kepada anak
2.
Memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya jika belum jelas
3.
Membagikan kertas bergambar dan pensil warna.
4.
Fasilitator mendampingi anak
dan memberikan motivasi kepada anak
|
Memperhatikan
Bingung
Antusias saat
menerima peralatan
|
|
|
5.
Menanyakan kepada anak apakah
telah selesai mewarnai gambar
6.
Memberitahu anak bahwa waktu yang
diberikan telah selesai
7.
Memberikan pujian terhadap anak yang mampumewarnai gambar
sampai selesai
|
Menjawab pertanyaan
Mendengarkan
Memperhatikan
|
3.
|
10 menit
|
Kegiatan penutup:
1.
Memotivasi anak untuk menyebutkan apa yang diwarnai
2.
Mengumumkan nama anak yang dapat
Mewarnai dengan
baik contoh
Membagikan reward kepada
seluruh peserta
|
Menceritakan
Gembira
|
4.
|
5 menit
|
Terminasi:
1.
Memberikan motivasi dan pujian
kepada seluruh anak yang telah mengikuti program terapi bermain
2.
Mengucapkan terima kasih kepada
anak dan orang tua
2. Mengucapkan salam penutup
|
Memperhatikan
Mendengarkan
Menjawab salam
|
Evalusi Struktur
a.
Anak hadir di ruangan minimal 3
orang.
b.
Penyelenggaraan terapi bermain
dilakukan di ruang bermain SP2KP anak
c.
Pengorganisasian penyelenggaraan
terapi dilakukan sebelumnya.
Evaluasi Proses
a.
Anak antusias dalam kegiatan
mewarnai gambar
b.
Anak mengikuti terapi bermain dari
awal sampai akhir
c.
Tidak terdapat anak yang rewel atau
malas untuk mewarnai gambar
Kriteria Hasil
d.
Anak terlihat senang dan gembira
e.
Kecemasan anak berkurang
f.
Mewarnai gambar sesuai dengan
contoh
g.
Anak mampu menyebutkan warna yang dipakai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar